Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta

June 26, 2012 @

Hari Sabtu, 23 Juni 2012, saya pergi ke Gramedia. Tidak sengaja menemukan sebuah buku berjudul “Asal Usul Nama Tempat di Jakarta” oleh Rachmat Ruchiat. Sekilas dari judul sudah bisa ditebak penulis ingin memberikan info tentang asal usul nama beberapa tempat di Jakarta. Sebagai orang yang suka membaca buku sejarah, buku ini cukup menarik bagi saya.

Dalam buku ini, pembaca bisa menemukan beragam bagaimana asal usul lokasi di Jakarta. Contohnya, Condet adalah wilayah yang awalnya anak sungai Ciliwung, yaitu Ciondet. Ciondet berasal dari kata “Ondet”, yaitu nama pohon ondeh-ondeh (antidesma diandrum sprg). Buah dari ondeh-ondeh bisa dimakan. Contoh lain adalah Kampung Makassar. Mengapa diberi nama Kampung Makassar? Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa orang-orang Makassar menghuni wilayah itu. Memang, wilayah ini sejak 1686 bermukim orang-orang Makassar dibawah pimpinan Kapten Daeng Matara. Mereka adalah bekas tawanan perang yang kalah dan dibawa ke Batavia oleh VOC. Masih banyak contoh lain, seperti Ancol, Angke, Kampung Bandan, Manggarai, Srengseng Sawah, Pondok Labu, Matraman, Lebak Bulus, Tanah Abang, dan lain-lain.

Buku ini ditulis dengan ringan, tidak terlalu berbelit-belit, mendekati model penulisan feature di koran. Karena bukan buku sejarah resmi, tentu gaya penulisan tidak menggunakan metodologi penulisan sejarah yang rumit dengan riset mendalam. Tiap lokasi hanya ditulis tiga hingga empat halaman, dengan tambahan beberapa foto. Sebagai permulaan rasa ingin tahu, buku ini cukup membantu. Namun bagi yang ingin membaca sejarah dengan lebih detail, diharuskan untuk mencari literatur yang lebih komplet dan berbobot.

Sebagai tambahan, saya sudah kultwit tentang buku ini. Silakan dibaca di sini dan di sini.

Comments are closed.

© 2018 ARIP MUTTAQIEN.